RSS

MERAH PUTIH,,

14 Agu
merah putih

MERAH PUTIH - diambil dari http://www.merahputihthefilm.com

MERAH PUTIH.. yup,, begitu pertama kali liat trailer-nya kapan itu,, aku langsung bertekad pengen nonton pilm ini suatu hari nanti.. secara aku juga demen ama pilm bertema nasionalis begini.. hoho,,

sebelum aku ngasih komen tentang pilm—yang seharusnya hebat—ini,, aku pengen ngeluh dikit boleh ya.. what a mess sih benernya,, tapi ya gimana lagi.. jadi begini sodara2,, kayaknya pas aku nonton pilm ini tu agak gak diridhoi apa yak.. lha bisa2nya pas nonton init u,, pertama,, sebelah kiriku segerombol cowok2 tapi super ribut.. dari awal pilm blom mulai udah mulai komen sana-sini.. kedua,, sebelah kananku mas2 agak ndut,, yang maaf,, agak berbau gak sedap.. apalagi pas ketawa ngakak,, kadang aku musti nahan napas.. huff.. ketiga,, depanku ada DUA anak kecil—cowok cewek—yang juga ribut..!! OMG..!! *pada awalnya masih berharap film yang akan diputer bisa bener2 menyita perhatianku dari semua gangguan itu. ugh*

dan,, dimulailah pilm MERAH PUTIH itu.. jeng jeng.. pilm dimulai dengan video item putih yang menunjukkan perjuangan tentara2 jaman dulu dalam melawan penjajah… abis itu diceritain gimana beberapa pemuda Indonesia yang bertekad buat bergabung ama tentara Indonesia,, buat nglawan penjajah.. umm,, kayaknya gak perlu aku certain ya gimana cerita film ini.. aku cuman pengen komen aja yang menurutku bisa jadi bahan kritikan.. hehe,, *bisanya cuman ngritik mulu..!!*

oke,, hal pertama yang kulihat janggal adalah,, genteng bangunan “akademi militer” yang masih keliatan baru banget.. kesannya jadi agak wagu-wagu gimana gitu.. mungkin akan lebih dramatis kalo genteng yang ada tu bener2 yang udah agak usang.. *dasar drama king..!!*

trus kedua,, makeup artist-nya kok kaya kurang mak nyuss yak.. maksudnya,, cowok2 pemeran utama di pilm ini tu masih keliatan terlalu ganteng buat ukuran prajurit.. eh,, bukannya mendiskreditkan prajurit yak,, tapi,, masa ada gitu tentara yang kulitnya putih bersih,, padahal udah menjalani sekian waktu pelatihan… apa pre-shooting nya kurang dijemur yak tu aktor..? hehe,,

oya,, aku liat,, akting para pemain di film ini kok kaya kurang natural.. bahkan Lukman Sardi (Amir) yang biasanya akting-nya manteb pun di pilm ini berasa agak aneh.. huff.. dan satu hal lagi,, banyak dialog yang gak gitu jelas kedenger coz banyak teriak2.. tapi sayangnya teriakannya itu tu berasa kaya gak diatur,, asal teriak.. jadinya apa yang mo diomongin justru gak nyampe ke penonton..

tapi satu hal yang aku suka dari pilm ini,, efek BOM nya keren..!! lumayan manteb lah..! hoho.. *ya iyalah,, emang mustinya manteb.. secara mpe ndatengin dari holiwud gitu*.

hmm,, beberapa adegan “mati” di film ini kurang menyentuh.. music score n visualisasinya kurang mendukung.. padahal kalo lebih didramatisir dikit,, pasti bakalan lebih manteb.. hwe.. plus,, setting yang aku bilang agak extraordinary tu pas scene flashback-nya Amir (Lukman Sardi),, di semacam kota tua gitu.. sisanya,, so ordinary.. tapi penggambaran hutannya juga lumayan bagus kok..🙂

btw,, ada satu adegan yang kubilang agak amat sangat lebay..!! ngakak aku pas liat scene ini.. jadi ada satu scene,, di mana ada bapak2 penduduk desa yang desanya dirusak ama Belanda.. nah,, pas ditanyain ama Amir dkk tentang kira2 berapa orang pasukan Belanda yang merusak desanya,, si bapak2 yang agak ngeksis itu jawab gini.. “Kedengarannya 10 truk.. mungkin 100.. atau mungkin seribu.. ah,, saya tidak pandai berhitung”. Woogghhhh,, kok agak lebay ya.. huhu,,

secara umum,, artistik yang disajikan di pilm ini kurang greget,, gak sedahsyat di pilm MERANTAU..! nilai nasionalisme yang diusung di pilm MERAH PUTIH pun menurutku malah kalah ama Garuda di Dadaku atau KING.. walau nasionalisme populer,, tapi di film GDD n KING justru malah lebih nampol..!! kupikir aku bakalan sering2 merinding or menitikkan air mata ketika nonton pilm MERAH PUTIH,, tapi ternyata,, grok grok..

dan ternyata,, ending dari pilm ini tu nggantung..!! sumpah,, gak enak banget motongnya.. pas masih kebawa ama alur cerita,, tiba2 “the end”.. ugh.. dan bodohnya,, aku baru tau kalo pilm ini tu ternyata trilogi beberapa jam setelah pilm ini selesai diputer.. jadi selama aku belom ngerti kalo ini trilogi,, aku masih ngerasa yang berasa agak kecewa n rugi dah ngeluarin 15 ribu buat beli tiket nonton Merah Putih.. huehehe..

buat aku yang agak movie freak gini,, film MERAH PUTIH bukan termasuk salah satu film yang recommended buat ditonton lebih dari sekali.. kalo iseng2 disuruh ngasih nilai,, mungkin aku kasih nilai 7 – 7,5.. nilai itu lebih karena efek bom yang dihasilkan,, bukan dari segi cerita yang berasa loncat2 atau terlalu cepet kepotong2.. huhu,, maafkan… dari segi cerita,, aku lebih suka Garuda di Dadaku n KING (untuk sesama film yang mengangkat isu nasionalisme lho)..  tapi,, film ini tetep layak buat ditonton kok,, apalagi menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-64 ini.. hoho,,

maju terus per-film-an Indonesia..!!

smangad..!!

 
7 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 14, 2009 in entertainment

 

Tag: , , ,

7 responses to “MERAH PUTIH,,

  1. omahmiring

    Agustus 23, 2009 at 7:58 am

    Good Review… Siap Grak…🙂

     
  2. fandy

    Agustus 24, 2009 at 11:49 am

    slam kenal ya

     
  3. moronnic

    Agustus 31, 2009 at 10:45 am

    nunggu tayang di tipi aja deh klo udah kumplit :p

     
  4. phine

    September 5, 2009 at 12:34 am

    tadinya pengen nonton pilem ini, tapi ga jadi :p
    tambah ga jadi lagi habis baca review ini, he3…

     
  5. annosmile

    September 5, 2009 at 12:51 am

    merdeka indonesiaku

     
  6. Huang

    September 29, 2009 at 10:28 pm

    coba ditambah warna lain yaaaaaaaaa :p

    ga usah merah putih😀

     
  7. efry

    Maret 13, 2010 at 11:29 am

    i very like film ini. . . .

    merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. . . . merah putih. . . . . .

     

Tinggalkan Balasan

 
