RSS

Negeri 5 Menara!

17 Mar

Demi bisa nonton Sampai Ujung Dunia, maka mau nggak mau aku harus ngelarin review Negeri 5 Menara, hari ini juga. Hehe.

Sebenernya aku udah lama pengen nonton film ini, bahkan sejak film ini belum dirilis. Alasannya satu, kata banyak orang sih bukunya bagus, dan sampe review ini kubuat, aku belum baca buku karya Ahmad Fuadi ini, sama sekali. Hehehe. Kalau mau baca sinopsisnya, mampir ke sini aja ya.. Aku cuman mau bahas opiniku tentang film ini.. ;D

Well, lagi-lagi karena alasan kerjaan, aku telat dateng ke bioskop sampe sekitar 10 menitan.. T.T Dan yang pertama menarik perhatianku adalah latar musiknya. Kubilang sih oke, asyik didengernya. Nggak terlalu berat, tapi masuk ke scene-scenenya. Hehe. Di akhir film aku baru tau kalo Sound Designer-nya Khikmawan Santosa dan Music Scoring-nya dibikin sama Aghi Narottama, Bemby Gusti, dan Ramondo Gascaro. Aku nggak terlalu familiar dengan nama-nama itu sih, tapi karya mereka TOP BGT!

Daaaan, seperti biasa, aku selalu tertarik untuk mengamati kualitas gambar dan cara framing scene-scene di hampir setiap film-film Indonesia. Begitu juga dengan film Negeri 5 Menara ini. Beberapa menit aku nonton film ini, aku langsung penasaran sama DoP-nya. Aku suka sama framing scene-scene di film ini. Gambarnya pun juga cerah. Salah satu scene yang aku suka adalah pas scene tangan David Chalik ngelap gunting di asrama pesantren. Cool! Pas udah kelar filmnya, aku baru tau kalo DoP-nya Roy Rolang. Dan entah akunya yang gak gitu “gaul” atau gimana, nama ini *sekali lagi* gak terlalu familiar di telingaku, tapi aku suka ama framing2 dia di film ini.

Oya, masih soal teknis kamera, film Negeri 5 Menara ini banyak memakai teknik panning. Dan salah satu yang aku suka adalah scene yang tadinya cuman berisi satu guru di depan kelas, tiba-tiba kamera bergerak dan menunjukkan seisi aula *yang ternyata luas*. Dan emang sih, semakin ke sini, semakin terperangah *halah* sama scene-scene yang dikasih. Well, ini karena aku suka framing yang gak terlalu biasa sih. Hehe.

Eh, eh, Donny Alamsyah kan biasanya main di film action kan ya.. Nah, tiba-tiba liat dia jadi ustadz di film Negeri 5 Menara ini kok agak gimana gitu.. Berasa beda..

Oya, ada satu quote yang aku suka dari film ini *yang juga jadi benang merahnya*.

Ingat, bukan yang paling tajam, tapi yang paling bersungguh-sungguh. Man Jadda, Wa Jadda.. Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil.

Dan, scene ini bener-bener bikin merinding! Pas Ustadz Salman dan murid-murid bilang “Man Jadda, Wa Jadda” berulang-ulang. Dari yang satu dua orang aja yang ngomong, pelan-pelan semakin banyak murid yang ngomong “slogan” ini. Ditambah lagi latar musik yang awalnya pelan, lama-lama makin keras, dan situasinya juga naik.. KEREN!

Oya, ada beberapa quote lagi yang aku suka dari film ini:

Orang besar itu adalah mereka yang lulus dan keluar dari pesantren ini dan kemudian dengan ikhlas mengajarkan ilmunya sampai ke pelosok desa.

Kamu bs merubah dunia dg kata2. *Ini menohok! Secara aku yang sebenernya suka nulis, tapi ndak terlalu memanfaatkan itu. Huhu*

Film ini berdurasi sekitar dua jam lebih, tapi sama sekali nggak pengen terlewat sedikit pun. Bahkan kemaren, waktu aku nonton, sempet ngerasa kebelet pipis, tapi bener-bener kutahan demi nggak mau kelewat satu scene-pun dari film ini. Hehe.

Hmm, kayaknya aku emang bener2 suka sama DoP-nya.. Ada satu scene yang juga aku suka, pas Alif, Sarah, ama anaknya ustadz lagi di taman.. Kamera ngambil dari kejauhan, trus di depan kamera ada bunga-bunga gitu, dan bunga-bunga itu dibikin blur. Hasilnya? Luar biasa! Bunga-bunga yang sengaja di-blur-in itu jadi kaya semacam foreground dari scene itu. Jadi kaya ada frame gitu di scene ini. Hoho.

Dan memang, film Negeri 5 Menara ini bener-bener tepat memasangkan Roy Rolang (sebagai DoP) dengan Sound Designer plus Music Scoring-nya. Hasil perpaduan karya mereka bener-bener jenius! Ada satu scene yang antara gambar dan musiknya tu nge-blend dan keren banget, pas adegan Alif dkk ngangkut es kering pake becak di tengah sawah. It’s superb! Two thumbs up for them! Hehe.

Overall, aku berani ngasih nilai 8,5 dari 10 untuk film ini. Ada sih beberapa kekurangan di film ini *terutama di bagian ending yang terkesan agak maksa*, tapi secara keseluruhan film ini sangat layak ditonton!!🙂

Good job!!🙂

Bravo film Indonesia!! ;D

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 17, 2012 in entertainment, sebuah pembelajaran...

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

One response to “Negeri 5 Menara!

  1. kikikuik

    Maret 19, 2012 at 8:35 pm

    akhirnya di-review juga🙂

    KIP! : Setelah beberapa lama ndak update blog..😄

     

Tinggalkan Balasan

 
