RSS

Jogja Marching Concert 2013: Konser Pamitnya Marching Band-Marching Band Jogja ke #GPMB2013

23 Des

Beuh, udah lama banget ndak update blog. Jadi mau malunya selangit.. *halah*😄

Mumpung pas lagi pengen, dan emang ada waktu, dan kebetulan waktunya juga pas, mau bikin posting tentang Marching Band ah..😀 Kebetulan kan minggu depan ada Grand Prix Marching Band, jadi biar euforia-nya lebih berasa. Hehe.

Jadi, seminggu yang lalu, aku sengaja ambil cuti ke Jogja, salah satu tujuannya adalah buat nonton Jogja Marching Concert 2013. Yah, emang ndak kupungkiri, aku kepikiran buat ambil cuti ke Jogja abis liat salah satu postingan temen tentang Jogja Marching Concert 2013 di akun Pathnya. Jadilah, saat itu juga aku ngajuin form cuti, trus langsung cari tiket kereta.. ;D

Image

Sebenernya sih aku ndak perlu repot2 ke Jogja buat nonton JMC 2013 ini, toh juga ntar pas di GPMB bakalan bisa liat mereka juga. Oh iya, jadi JMC 2013 ini tu ternyata semacam Konser Pamit-nya beberapa Marching Band Jogja yang mau ikutan GPMB 2013. Secara biasanya kan konser pamit sendiri-sendiri, dan bahkan kadang jadwal konser pamitnya bentrok satu sama lain, jadinya Keluarga Marching Band Jogja (atau entah apa itu namanya) sepakat buat ngadain konser pamit bareng-bareng. Ya intinya biar penikmat Marching Band di Jogja—yang mungkin ndak bisa nonton GPMB—bisa nonton beberapa Marching Band Jogja yang mau tanding di GPMB. Dan kelima Band itu adalah Marching Band UGM, Marching Band Citra Derap Bahana UNY, Drum Corps UMY, Marching Band UII, dan Marching Band Saraswati ISI Jogja.

Ada satu hal yang menarik dari JMC 2013 kemarin, yaitu keikutsertaan MB Saraswati ISI Jogja. Jadi, MB ini tu baru lahir sekitar tahun 2012. Dengan penuh percaya dirinya, MB Saraswati ini berani ikutan GPMB 2013. Sebuah langkah besar yang patut diacungi jempol! Salut untuk keberanian dan semangat mereka!🙂

Mungkin aku mau kasih opiniku tentang JMC 2013 kemarin ya. Secara keseluruhan, JMC 2013 ini jadi semacam mini GPMB, lengkap dengan parking lot dan ticketing-nya..😀 Bener-bener emang panitia JMC 2013 kali ini, kok ya ndak dari dulu gitu diadain konser pamit keroyokan gini. Hehehe.

JMC 2013 dibuka dengan penampilan MB Saraswati ISI Jogja. Secara umum, sebenernya paket yang dibawain sama MB Saraswati ISI ini cukup menarik. Ada beberapa lagu klasik yang dibawain. Penampilan dari CG-nya pun juga ada “cerita-nya”. Tapi satu hal yang agak disayangkan, player-nya sendiri kurang disiplin dengan display dan permainan musiknya. Contohnya, pada saat display off, beberapa player masih gerak-gerak, mbenerin posisi displaynya. Padahal hal ini setauku sangat-sangat mengurangi penilaian display. Udah gitu, beberapa playernya juga masih tengak-tengok pas display. Semacam kurang yakin. Coba kalo mereka lebih yakin dan disiplin, pasti lebih bisa dinikmati kok.

Abis itu, MB UGM tampil di urutan kedua. MB UGM tu salah satu MB yang kutunggu di JMC 2013, secara aku dulunya jebolan MB UGM.. Hehehe. Paket yang dibawain MB UGM di GPMB 2013 nanti judulnya “Papua: Mutiara Hitam Dari Timur”. Secara keseluruhan sih aku kurang bisa ndapetin feel Papua-nya, walau di beberapa movement berasa Papua banget. Ndak tau juga kenapa, dapet feel Papua-nya cuman sekitar 60% an. *sotoy*😄

Bukannya mentang-mentang aku jebolan MB UGM, trus aku bilang “MB UGM kece” ya, tapi emang malem itu MB UGM tampil cukup gemilang. Musiknya jelas, CG-nya cukup rapi, koreonya pun menarik. Cuman, yah, dari pertengahan ke belakang masih kurang agak rapi. Mungkin karena emang belum dipoles sih. Hehehe.

Abis MB UGM, giliran CDB UNY yang tampil. Eh, CDB UNY bukan ya? Aku lupa. Hahahhaa. *toeng*😄

Udah, ndak usah urut aja deh mbahasnya.. Hehee.

CDB UNY, menurutku, salah satu pesaing terberat MB UGM. CDB UNY ini bawain paket lagu-lagu Rock. Dari pandanganku sih penampilan CDB UNY berasa banget Rock-nya. Dari CG-nya, musiknya, dll. Brass-nya banyak main timing, dan kalau missed dikit aja, pasti udah amburadul tuh. Hehehe. Cuman, brass-nya CDB UNY kece! Lumayan bisa mainin timingnya dengan apik. Tapi sayangnya, di beberapa part, brass-nya banyak yang over power. Didengernya jadi kurang enak, padahal lagunya udah asik. Dan aku paling suka sama endingnya yang super kece!! Hahaha. Semua pemain musik mengelilingi CG yang ada di tengah lapangan, trus semua CG nglempar flag-nya ke luar lingkaran itu. Dan endingnya dibikin semacam pertunjukan musik rock yang cadas dan sangar..😀 MB UGM musti ati-ati nih sama CDB UNY. Bener-bener terlihat seri! Hehe.

Selanjutnya, MB UII. Buatku MB UII sebenernya punya konsep yang menarik, paketnya “Tribute to Sheila On 7”. Siapa sih yang ndak kenal Sheila On 7?😀 Cuman, sayangnya penampilan mereka belum sepenuhnya kelar kayaknya. Soalnya, di lagu pertama *entah itu pre-show atau gimana*, mereka main tanpa display. Dan pas mereka main display, sayang banget kalo penampilan mereka itu kurang rapi..  Padahal kalo misalnya mereka main lebih rapi, bisa jadi memorable banget kaya paket Dewa 19-nya MB PKT dulu. Dan satu hal lagi, CG-nya MB UII sekarang entah kenapa kok kurang menggigit, ndak kaya dulu-dulu. Padahal, dulu CG-nya nomor 1 di Jogja. Tapinya ya, hal yang paling aku suka dari MB UII adalah pemanasannya selalu pake lagu Shalawat.. :’)

Yang terakhir, DC UMY. Mereka tahun ini bawain paket “Memoir of Tsunami Aceh”. Kostumnya lucu!! Hhhee. Jadi, pemain musiknya tu pake pakain putih-putih, trus pake peci, trus pake lapisan sarung gitu di luaran celananya. Duh, gimana mendeskripsikannya ya? Pokoknya kain sarungnya dilipet sekitar sedengkul gitu deh. Hehehe. Secara keseluruhan, aku sendiri nunggu-nunggu penampilan yang bisa menyentuh, tapi ternyata kok nanggung endingnya. Ternyata, setelah tanya sana-sini, paketnya emang belum kelar sepenuhnya. Jadi, mari kita liat di GPMB nanti gimana aksinya..🙂 Oya, di awal penampilannya, CG DC UMY mbentuk shaf-shaf di bagian belakang lapangan, nglakuin gerakan-gerakan sholat.. :’)

Overall sih selama JMC 2013 kemarin aku paling suka sama MB UGM dan CDB UNY. Abis JMC 2013 kemarin sih mereka ada karantina lagi, dan biasanya bakalan ada sesuatu yang berbeda pas sampe di GPMB nanti. Jadi, kita liat aja, gimana penampilan band-band Jogja di Istora nanti. Can’t hardly wait!! ;D

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 23, 2013 in such a simple life

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: